- PENGADAAN CPNS KOMINFO 2013 -

Halaman informasi dan bantuan

Halaman ini memberikan petunjuk tertulis seluruh proses dan prosedur Penerimaan CPNS Kominfo TA 2013 mengacu pada Pengumuman no 903 /M.KOMINFO/KP.03.01/09/2013 tentang Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Komunikasi dan Informatika TA 2013. Informasi di halaman ini selalu diperbarui setiap saat, untuk itu pastikan bahwa Anda selalu mengunjungi halaman ini secara berkala, khususnya menjelang mengikuti setiap tahap Penerimaan CPNS Kominfo. Karena ada kemungkinan terjadi perubahan jadwal dsb sesuai regulasi baru yang ditentukan oleh Pemerintah melalui BKN / Kementerian PAN dan RB. Untuk mempermudah mencetak halaman ini, Anda bisa membuat versi cetak memakai tautan VERSI CETAK di bagian bawah...

Informasi administratif

Informasi teknis


Syarat CPNS Kominfo

    Syarat-syarat umum :
    • Warga Negara Republik Indonesia.
    • Memiliki integritas yang tinggi terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.
    • Bersedia tidak melakukan korupsi dengan menandatangani pakta integritas.
    • Tidak Berkedudukan sebagai CPNS/PNS, Calon Anggota/Anggota TNI/POLRI.
    • Tidak berkedudukan sebagai anggota atau pengurus partai politik.
    • Tidak pernah diberhentikan tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri atau pegawai swasta.
    • Tidak pernah dihukum penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap.
    • Bersedia ditempatkan di seluruh Unit Kerja di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika.
    • Berkelakuan baik, berbadan sehat baik jasmani maupun rohani dan bebas dari narkoba dan zat adiktif lainnya (dibuktikan dengan surat keterangan catatan kepolisian dan surat keterangan sehat dari dokter yang harus dilengkapi setelah lulus Tes Kompetensi Dasar (TKD) )
    Selain itu dikenakan juga beberapa syarat khusus untuk CPNS Kominfo :
    • Usia:
      1. S1/D-IV dan S2 : paling tinggi 35 tahun pada tanggal 1 Desember 2013
      2. D-III : paling tinggi 30 tahun pada tanggal 1 Desember 2013
    • Berijazah sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang telah ditetapkan.
    • Terakreditasi A dan untuk Perguruan Tinggi Luar Negeri harus diakui oleh Kemdikbud (Surat Tanda Lulus Sementara Tidak Berlaku).
    • TOEFL/TOEFL Prediction dari Lembaga Bahasa Perguruan Tinggi Negeri atau UPT Bahasa Perguruan Tinggi Negeri atau lembaga pendidikan Bahasa Inggris terakreditasi dengan nilai minimal 450.
      Sertifikat TOEFL diwajibkan saat verifikasi fisik. Saat registrasi online belum diwajibkan memiliki Sertifikat TOEFL.
    • Pelamar merupakan lulusan:
      1. Diploma III (D.III) dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 (dua koma tujuh lima);
      2. Sarjana (S.1) atau Diploma IV (D.IV) dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 (dua koma tujuh lima);
      3. Master/Magister (S.2) dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3,25 (tiga koma dua lima);
      4. Bagi lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri harus mendapat pengesahan dari Ditjen Perguruan Tinggi disertai konversi IPK ke dalam skala 4.
    • Untuk Pelamar Formasi Khusus bagi Putra/i Papua harus dibuktikan dengan akte kelahiran pelamar dan orang tua (Bapak dan Ibu atau salah satunya adalah asli dan lahir di Papua) dan Kartu Keluarga.
    • Untuk Pelamar Formasi Khusus bagi Disabilitas Fisik (penyandang tuna daksa kaki) dibuktikan dengan mengirimkan Foto berwarna terbaru seluruh badan ukuran 4R.

    Dokumen-dokumen yang dipersyaratkan :

    • Pada saat registrasi online :
      • Pasfoto berwarna terbaru.
      • Fotokopi ijasah pendidikan terakhir yang dilegalisir.
        Untuk proses penerimaan CPNS, dipersyaratkan Ijasah Pendidikan terakhir, sedangkan Surat Tanda Kelulusan TIDAK BERLAKU. Untuk pelamar lulusan dari luar-negeri, diwajibkan melampirkan Surat Keterangan Penyetaraan Ijasah dari Dikti - Kemdikbud, atau Surat Keterangan telah mengajukan permohonan Penyetaraan Ijasah.
      • Surat Keterangan Akreditasi dari BAN-PT bagi ijasah yang tidak mencantumkan akreditasi.
      • Fotokopi transkrip nilai pendidikan terakhir yang dilegalisir.
      • Bagi Formasi Khusus Putra/i Papua harus mengunggah akte kelahiran Pelamar dan orang tua (Bapak dan Ibu atau salah satunya asli dan lahir di Papua) dan Kartu Keluarga dalam format PDF.
      • Bagi Formasi Khusus Disabilitas Fisik (penyandang tuna daksa kaki) harus mengunggah (upload) Foto berwarna terbaru seluruh badan ukuran 4R (format JPEG dengan ukuran kurang dari 100 KB).
      • Seluruh dokumen harus dipersiapkan dalam bentuk berkas elektronik :
        • Pasfoto dalam format JPEG dengan ukuran kurang dari 100 KB,
        • Foto Berwarna terbaru seluruh badan dalam format JPEG dengan ukuran kurang dari 100 KB (Formasi Khusus Disabilitas Fisik)
        • Seluruh dokumen yang dipersyaratkan di atas dipindai menjadi satu berkas dijital dalam format PDF dengan ukuran kurang dari 500 KB.

    • Pada saat verifikasi fisik sebelum Ujian Tes Kemampuan Dasar (TKD) :
        Kartu Peserta Tes Kompetensi Dasar (TKD) dapat diambil langsung oleh pelamar setelah melewati verifikasi fisik di lokasi tes dengan membawa:
        • Nomor Registrasi/Pendaftaran Online.
        • Ijazah asli pendidikan terakhir dan fotocopy.
        • Transkrip nilai asli pendidikan terakhir dan fotocopy.
        • Surat Keterangan Akreditasi dari BAN-PT untuk yang tidak mencantumkan akreditasi pada ijazah dan Fotocopy.
        • Sertifikat TOEFL asli dan fotocopy.
        • KTP asli dan fotocopy.
        • Pasfoto berwarna terbaru ukuran 4x6 sebanyak 1 lembar.
        • Akte kelahiran asli pelamar dan orang tua (Bapak dan Ibu atau salah satunya asli dan lahir di Papua) dan fotocopy.
        Berkas harus ditunjukkan pada petugas verifikator di lokasi. Ketidaklengkapan atau ketidaksesuaian berkas berakibat pencabutan hak mengikuti Tes Kompetensi Dasar (TKD).

Pilihan unit kerja di bawah Kominfo

    Sebelum melakukan registrasi pastikan untuk mengetahui detail satuan kerja yang Anda minati melalui halaman FORMASI. Dalam registrasi lamaran, setiap pelamar diberi kesempatan untuk memilih 1 satuan kerja.

Jumlah lowongan dan syarat IPK minimum

    Jumlah lowongan yang dibuka untuk tahun 2013 sebanyak 132 orang. Sesuai Surat Keputusan Menteri PAN dan RB no 215/2013 tentang Formasi Pegawai Negeri Sipil Kominfo TA 2013, tersedia 132 orang yang dibuka untuk umum kecuali 3 formasi untuk putera daerah Papua. Sehingga tersedia 129 orang yang dikompetisikan bebas.

    Secara umum IPK minimal untuk CPNS adalah 2,75 dengan skala 4,00. Namun untuk Kominfo, akan dilakukan pemeringkatan pada tahap verifikasi administrasi untuk menentukan pelamar yang dipanggil untuk mengikuti Ujian TKD sampai sebanyak lebih kurang 15 kali jumlah formasi untuk setiap bidang kompetensi. Sehingga tidak semua pelamar dengan IPK diatas IPK minimum akan dipanggil untuk mengikuti Ujian TKD.

    Dari hasil pemeringkatan Ujian TKD terhadap seluruh pelamar yang melampaui nilai minimal yang ditetapkan oleh BKN, untuk ujian TKB akan dipanggil lebih kurang 3 kali jumlah formasi untuk setiap bidang kompetensi.

Kesesuaian bidang studi, profesi, tingkat pendidikan dan satuan kerja yang diminati

    Perlu dipahami bahwa setiap satuan kerja membutuhkan personil dari berbagai tingkat pendidikan (D3, D4, S1, S2, S3) dengan berbagai latar belakang ilmu. Untuk itu pastikan personil yang dibutuhkan satuan kerja pilihan Anda melalui halaman FORMASI. Perhatikan dan sesuaikan minat dengan spesifikasi khusus (bila ada) yang tertulis.

    Khususnya untuk syarat tingkat pendidikan, tidak diharuskan melamar dengan tingkat pendidikan terakhir. Bila pelamar berminat pada formasi dengan tingkat pendidikan lebih rendah dari yang dimiliki, maka pada kolom PENDIDIKAN TERAKHIR harus dituliskan perguruan tinggi dan ijasah dari tingkat pendidikan formasi tersebut. Perlu diingat bahwa syarat usia dan tahun kelulusan mengikuti ijasah dari tingkat pendidikan yang dipakai untuk melamar !

Perjanjian bagi pelamar

    Poin-poin berikut merupakan perjanjian yang berlaku bagi seluruh pelamar CPNS Kominfo TA 2013 :

    • Sistem Informasi Penerimaan CPNS Kominfo ini merupakan satu-satunya informasi dan layanan resmi terkait dengan Penerimaan CPNS Kominfo.
    • Pelamar wajib mengikuti informasi terbaru yang disampaikan melalui situs ini secara berkala.
    • Kesalahan / kelalaian mengikuti prosedur yang ditetapkan dan berakibat langsung maupun tidak langsung pada pelamar merupakan tanggung-jawab pelamar.
    • Panitia Penerimaan CPNS Kominfo tidak menerima kontak langsung baik melalui tatap muka maupun alat komunikasi lainnya terkait dengan seluruh proses Penerimaan CPNS Kominfo.
    • Pengirim data lamaran dianggap telah membaca dan memahami seluruh proses yang telah ditetapkan.
    • Bagi pelamar yang dinyatakan lulus seluruh proses seleksi dan telah ditetapkan sebagai CPNS, tetapi mengundurkan diri maka wajib membayar denda sebesar Rp. 15.000.000,- (lima belas juta rupiah) yang akan disetorkan ke kas Negara..

Tahapan dan jadwal penerimaan CPNS Kominfo

    Tahapan dan batas waktu penerimaan CPNS Kominfo adalah :
    I.Registrasi :
    - Pengumuman resmi :25 September - 6 Oktober 2013
    - Penerimaan registrasi lamaran melalui situs e-CPNS Kominfo:25 September - 6 Oktober 2013
    II.Verifikasi administrasi Online :
    - Verifikasi administrasi online oleh Tim Pelaksana Seleksi CPNS Kominfo:26 September - 6 Oktober 2013
    - Pengumuman pelamar dipanggil Ujian TKD:8 Oktober 2013
    III.Tes Kompetensi Dasar (TKD) :
    - Verifikasi bukti fisik administrasi bagi pelamar yang dipanggil TKD: 26-28 Oktober 2013
    - Tes Kompetensi Dasar (TKD):29-30 Oktover 2013
    IV.Tes Kompetensi Bidang (TKB) :
    - Pengumuman pelamar yang dipanggil Ujian Wawancara:12 November 2013
    - Ujian Wawancara :18-20 November 2013
    V.Hasil final :
    - Pengumuman kelulusan CPNS:28 November 2013
    - Registrasi ulang dan penyerahan berkas pelamar diterima:Desember 2013

    PERHATIAN :

    • Jadwal di atas bisa berubah sewaktu-waktu tergantung pada kondisi. Untuk itu pastikan bahwa Anda selalu melihat situs http://cpns.kominfo.go.id secara berkala.
    • Tes Kompetensi Dasar akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang akan ditentukan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan diperkirakan pada bulan November 2013.

Persiapan sebelum mengajukan lamaran

    Proses awal registrasi lamaran melalui situs SIPC Kominfo merupakan tahapan paling krusial. Proses ini dilakukan sepenuhnya oleh pelamar. Untuk mengurangi kesalahan, pelamar dihimbau untuk mempersiapkan seluruh data dan dokumen pendukung yang diperlukan. Dalam proses verifikasi, panitia tidak memiliki (dan tidak diberi) wewenang untuk melakukan perubahan pada isian Anda. Sehingga ketidaksesuaian antara isian dan berkas lamaran yang dikirimkan kemudian akan berakibat pada ketidaklulusan pada tahap I.

    Untuk menghemat waktu akses, sebelum mengisi formulir lamaran ini pastikan bahwa Anda telah menyiapkan data-data dan dokumen pendukung minimal, yaitu :

    • Nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP).
    • Tahun dan nomor ijasah pendidikan terakhir.
    • Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) transkrip nilai pendidikan terakhir.
    • Berkas dijital pasfoto warna berukuran 200 x 150 piksel dalam format JPEG (dengan nama ekstensi JPG) dan maksimal berukuran sebesar 100 KB.
    • Berkas dijital fotokopi ijasah dan transkrip dalam format PDF (dengan nama ekstensi PDF) dan maksimal berukuran 500 KB.
    • Surat elektronik (Email) yang biasa dan selalu Anda akses secara berkala. Informasi khusus akan disampaikan melalui surat elektronik secara langsung.
    • Untuk pelamar lulusan dari luar-negeri, diwajibkan melampirkan Surat Keterangan Penyetaraan Ijasah dari Dikti - Depdiknas, atau Surat Keterangan telah mengajukan permohonan Penyetaraan Ijasah.

Proses dan prosedur lamaran

  1. Persiapan data yang dipersyaratkan.
    Siapkan seluruh data dan dokumen tersebut diatas.
  2. Lakukan registrasi lamaran melalui situs SIPC Kominfo (http://cpns.kominfo.go.id) dengan meng-klik halaman LAMARAN.
    Saat pengisian pastikan untuk mengisi formulir dengan benar dan lengkap sesuai petunjuk tertulis. Kesalahan pengisian sehingga terjadi ketidaksesuaian dengan berkas dijital pendukung yang telah diunggah akan mengakibatkan ketidaklulusan pada tahap I (verifikasi administrasi). Dalam proses pengisian hindari menekan tombol ENTER, sebaliknya pakai tetikus untuk memindahkan kursor ke kolom yang diinginkan. Setelah selesai, tekan tombol KIRIM. Akan segera ditampilkan NOMOR LAMARAN dan KATA-SANDI Anda.
  3. Lakukan LOGIN memakai jendela login di sebelah kiri. Kemudian unggah pasfoto dan fotokopi ijasah + transkrip, serta revisi isian lamaran bila ada kesalahan.
    Bila sudah selesai, tekan tombol KIRIM.
    Kebenaran isian serta berkas dijital yang diunggah akan dicek pada saat verifikasi fisik sebelum Ujian TKD. Ketidaksesuaian data akan mengakibatkan peserta digugurkan dan tidak diperkenankan mengikuti Ujian TKD.

Pengecekan status lamaran

    Segera setelah registrasi lamaran, setiap pelamar akan mendapatkan NOMOR LAMARAN yang unik. Simpan dengan baik nomor lamaran ini ! Dengan nomor lamaran dan kata-sandi yang dimiliki, para pelamar bisa melakukan revisi atas formulir registrasi sebelum verifikasi administrasi atas lamaran tersebut dilakukan.

    Seluruh proses Penerimaan CPNS Kominfo bisa dipantau oleh pelamar dan publik secara waktu riil. Data detail proses lamaran (hasil verifikasi, nilai, dsb) bisa diakses hanya oleh pelamar yang bersangkutan melalui jendela login di sebelah kiri dengan memasukkan nomor lamaran dan kata-sandi yang dimiliki. Para pelamar diwajibkan memantau lamarannya melalui situs SIPC Kominfo. Kominfo tidak bertanggung-jawab atas aneka kesalahan yang diakibatkan oleh kelalaian para pelamar.

    Publik bisa mengakses seluruh proses namun dengan pembatasan isi informasi lamaran untuk menjaga privasi para pelamar.

Tahap I : verifikasi administrasi

    Proses verifikasi dilakukan langsung segera setelah berkas lamaran diterima oleh Panitia. Verifikasi dilakukan untuk melihat kesesuaian data registrasi yang telah diisi oleh pelamar melalui situs SIPC Kominfo dengan berkas elektronik yang telah diterima Panitia.

    Pelamar bisa mengakses informasi detail hasil verifikasi melalui halaman pelamar yang bisa diakses melalui jendela login di sebelah kiri dengan memasukkan nomor lamaran dan kata-sandi yang dimiliki. Melalui halaman ini informasi verfikasi per-item bisa diketahui.

    Setelah proses verifikasi administrasi, data registrasi akan terkunci. Tetapi bagi pelamar yang tidak lolos verifikasi administrasi karena kesalahan dokumen masih bisa mengunggah ulang selama periode registrasi. Tetapi bagi yang tidak lolos karena kesalahan isian, harus melakukan registrasi dan unggah ulang selama periode registrasi.
    Lamaran yang lolos verifikasi administrasi akan terkunci dan tidak bisa direvisi maupun unggah ulang dokumen.

    Apabila ada item isian yang tidak lolos verifikasi karena kesalahan pengisian oleh pelamar saat registrasi, pelamar masih dimungkinkan untuk melakukan registrasi ulang dan mengunggah kembali seluruh dokumen pendukung selama batas waktu registrasi belum terlewati.

    Ingat bahwa Kominfo TIDAK melayani tanya jawab dalam bentuk apapun terkait dengan lamaran !

Tahap II : Ujian TKD

    Tahap Ujian TKD akan dilakukan sesuai dengan jadwal. Sesuai regulasi yang berlaku, pada TA 2013, Ujian TKD sepenuhnya dikelola secara terpusat oleh BKN (Badan Kepegawaian Negara) memakai sistem Computer Assisted Test (CAT). Untuk Kominfo, TKD dengan komputer akan diselenggarakan di Kominfo dengan pengawasan BKN pada periode 29 - 30 Oktober 2013. Akan diselenggarakan beberapa gelombang TKD CAT / hari dengan jumlah lebih kurang 300 peserta / gelombang. Jadwal setiap peserta bisa diunduh di halaman e-BERKAS.

    Hanya pelamar dengan ranking teratas sebanyak lebih kurang 15 kali jumlah setiap formasi yang akan dipanggil untuk mengikuti Ujian TKD.

    Sebelum tanggal pelaksanaan Ujian TKD, seluruh pelamar yang dipanggil Ujian TKD diwajibkan hadir untuk melakukan verifikasi fisik serta mendapatkan nomor kursi Ujian TKD.
    PENTING : peserta diwajibkan melakukan verifikasi fisik paling lambat 1 hari sebelum mengikuti TKD CAT sesuai jadwal di halaman e-BERKAS pada jam kerja 08:00 - 15:00 WIB.

    Saat verifikasi fisik, pelamar diwajibkan membawa KARTU PESERTA UJIAN yang dicetak langsung dari situs SIPC Kominfo dan seluruh berkas fisik yang dipersyaratkan diatas. Kartu Peserta Ujian bisa dicetak dari halaman registrasi masing-masing pelamar setelah login memakai nomor lamaran dan kata-sandi yang dimiliki. Pada halaman registrasi pelamar yang lolos tahap I akan ditampilkan tautan CETAK KARTU PESERTA UJIAN.

    Karena pelaksanaan Ujian TKD sepenuhnya memakai komputer, tidak diwajibkan membawa alat tulis tertentu. Tetapi sangat disarankan untuk membawa bekal makanan dan minuman mengingat keterbatasan penjual makanan dan minuman di sekitar lokasi ujian. Peserta dianjurkan mempergunakan kendaraan umum untuk mencapai lokasi Ujian TKD mengingat ketiadaan lahan parkir di sekitar lokasi.

    Data nilai Ujian TKD bisa diakses oleh pelamar yang bersangkutan. Halaman pelamar bisa diakses melalui jendela login di sebelah kiri dengan memasukkan nomor lamaran dan kata-sandi yang dimiliki.

    Lokasi verifikasi dokumen fisik dan Ujian TKD yang direncanakan :

Membuat dan memasukkan pasfoto dijital

    Bagaimana mempersiapkan pasfoto dijital ?

      Pasfoto dijital bisa dibuat dengan mengambil gambar Anda memakai kamera dijital, atau melakukan pemindaian foto konvensional dengan mesin pemindai.

    Bagaimana mendapatkan pasfoto sesuai dengan dimensi (150 x 200 piksel) dan ukuran berkas (< 100 KB) seperti dipersyaratkan ?

      Setelah mendapatkan berkas gambar, baik langsung dari kamera dijital ataupun hasil pemindaian, pakai perangkat lunak pengolah foto untuk menyesuaikan dimensi dengan melakukan pengecilan dimensi riil. Untuk mencapai ukuran berkas lebih kecil dari 30 KB, pastikan bahwa resolusi pasfoto Anda tidak lebih dari 100 dpi.

    Bagaimana mendapatkan format JPEG ?

      Setelah gambar siap dan sesuai dimensi yang dipersyaratkan, lakukan penyimpanan dalam format JPEG dengan nama ekstensi jpg. Setelah disimpan, pastikan bahwa ukuran berkas kurang dari 30 KB !

    Bagaimana kalau ingin mengganti pasfoto yang telah diunggah sebelumnya ?

      Selama proses verifikasi terhadap registrasi Anda belum dilakukan, pasfoto bisa diganti dengan melakukan unggah ulang.

    Dengan proses diatas Anda akan siap mengunggah pasfoto Anda untuk melengkapi registrasi lamaran melalui situs SIPC Kominfo. Bila Anda masih mengalami kesulitan, silahkan meminta bantuan ke orang-orang di sekitar Anda. Umumnya Anda bisa mendapatkan bantuan dengan mudah melalui toko cuci cetak foto yang menyediakan jasa pencetakan foto dijital, atau para penjaga warung internet terdekat.

Membuat dan memasukkan berkas fotokopi ijasah dan transkrip dijital

    Bagaimana mempersiapkan fotokopi ijasah dan transkrip dijital ?

      Fotokopi ijasah dan transkrip dijital bisa dibuat dengan memindai ijsaha dan transkrip memakai mesin pemindai.

    Bagaimana mendapatkan fotokopi ijasah dn transkrip dijital dengan dimensi (A4) dan ukuran berkas (< 500 KB) seperti dipersyaratkan ?

      Pada saat memindah pastikan untuk melakukan konfigurasi mesin pemindai yaitu ukuran pemindaian A4, resolusi 70-100 dpi dan format PDF. Umumnya perangkat lunak mesin pemindai bisa menjadikan beberapa halaman pemindaian menjadi satu berkas.
      Apabila ukuran berkas masih terlalu besar, buka dan tampilkan berkas dan cetak ke berkas (print file) dengan format PDF. Umumnya berkas yang dihasilkan akan memiliki ukuran lebih kecil dari aslinya.
      Bila masih juga belum berhasil, kurangi ukuran riil setiap halaman berkas menjadi A5 memakai aneka perangkat lunak pengolah grafis.

    Bagaimana kalau ingin mengganti berkas yang telah diunggah sebelumnya ?

      Khusus untuk berkas fotokopi ijasah dan transkrip, unggah ulang bisa dilakukan selama registrasi Anda belum lolos verifikasi administrasi dan periode registrasi lamaran belum terlewati. Sehingga bila registrasi Anda tidak lolos verifikasi karena kekurangan berkas, Anda masih bisa memperbaiki dengan mengunggah ulang. Setelah mengunggah ulang, pastikan untuk menuliskan pesan di kolom KOMUNIKASI agar perubahan bisa diketahui oleh Panitia.

    Jangan lupa untuk mencoba mengunduh berkas yang sudah diunggah (melalui tautan angka yang menunjukkan ukuran berkas dalam KB) untuk memastikan bahwa isinya sudah benar dan bisa dibaca dengan baik. Bila tidak Anda bisa kembali mengunggah untuk mengganti berkas sebelumnya.

    Bila Anda masih mengalami kesulitan, silahkan meminta bantuan ke orang-orang di sekitar Anda. Umumnya Anda bisa mendapatkan bantuan dengan mudah melalui warung internet yang menyediakan jasa pemindaian.

Mencetak Kartu Peserta Ujian

    Mulai tahun 2013, Berkas Lamaran dalam bentuk dokumen fisik tidak diperlukan dan pelamar cukup mengirimkan dokumen pelengkap dalam bentuk elektronik yang diunggah.

    Untuk Kartu Peserta Ujian, tautan CETAK KARTU UJIAN akan ditampilkan setelah proses verifikasi dan penentuan peserta yang dipanggil selesai. Setelah memastikan bahwa data diri, pasfoto dan kode bar ditampilkan dengan benar, silahkan cetak memakai mesin pencetak berwarna pada kertas warna putih ukuran bebas (selama seluruh bagian Kartu Peserta Ujian tercetak).

    Apabila hasil cetakan terlalu besar / kecil dari ukuran kertas A4, lakukan perubahan ukuran font pada perambah yang dipakai !

  http://cpns.kominfo.go.id revisi terakhir : 28/11/13 - 18:05 WIB


Sumber : http://cpns.kominfo.go.id